DEWAN SEKARANG BUTUH ‘GAME’ TERBAIK AGAR KINERJA MAKIN BAIK

Standar

Tentu kita ingat dengan nama Arifinto. Anggota dewan yang namanya melejit setelah kepergok nonton ‘bokep’ di iPad miliknya dalam ruangan gedung DPR. Aksinya kedapatan oleh salah seorang pewarta foto di salah satu media cetak. Hal ini menunjukkan bahwa dewan sekarang mulai bosan dengan suasana kerjanya. Dewan sekarang butuh hiburan, terang saja, secara urusan pemerintahan makin ruwet dan memusingkan. Bukan hanya wakil rakyat, seluruh lapisan masyarakatpun butuh hiburan. Karena itu di butuhkannya gedung baru yang luar biasa fasilitasnya agar wakil kita “Rakyat” betah di sana. Sementara itu, kebijakan pemerintah tentang pengadaan mobil dan iPad di musyawarahkan. Artinya, bagaimanapun caranya agar tiap perwakilan dewan mendapatkan satu mobil satu iPad, mungkin saja kelak bakal satu rumah dan seisinya. Ya, ini hanya berjaga-jaga. Namun, bagaimana reaksi masyarakat sebagai yang di wakilkan mereka?

Mari kita ikut menyimak, aksi demo yang di lancarkan oleh puluhan Mahsiswa KAMMI kalsel memprotes adanya anggaran dana khusus untuk anggota DPRD Kalsel atas pembelian iPad, Radar Banjarmasin, (18/04). Pendapat ini di tentang oleh para wakil rakyat dengan alasan iPad akan menunjang kinerja mereka sebagai wakil rakyat. “Tolak iPad dan mobil” begitulah teriakan yang di lontarakan mereka di depan gedung DPRD Kalsel. Menurut info yang saya ketahui, Semua anggota DPRD Kalsel bakal medapat gadget PC Tablet, seharga Rp7 juta/unit. Tentunya dengan alasan mempermudah kerja para wakil rakyat tersebut. Beberapa anggota memilih bungkam. Wakil DPRD Kalsel memang membenarkan adanya anggaran untuk pengadaaan iPad tersebut. Mari kita ketahui sedikit bagaimana kinerja DRPD sekarang. Mereka bekerja dengan banyak tumpukan kertas. Seperti berbagai draft yang menggunung di  meja kerja, tentu saja akan kerepotan. Terang saja dengan adanya iPad, tidak perlu ada lagi tumpukan draft, semua tinggal klik, touch, and clear. Demikian pula, iPad memudahkan saling sambung antara anggota yang lain. Sehingga, jika ada data atau dokumen, para anggota dewan dengan cepat dan mudah mengakses.  Kita tahu bahwa gadget canggih yang di sebutkan di atas bukan barang yang mudah di jangkau oleh semua kalangan. Seperti yang saya kutip dalam inilah.com, saya akan menguraikan dan membandingkan sedikit spesifikasi iPad 2 produk terbaru dari Appe yang dimiliki Steve Jobs dengan kinerja anggota DPRD nantinya.

Pertama, ada enam hal yang  harus kita ketahui tentang iPad kedua versi terbau Appe, Fitur FaceTime dan Aksesoris Smart Cover. Perangkat iPad 2 memeiliki video chat. Aplikasi dari pihak ketiga seperti Skype juga bisa di pakai di perangkat baru ini. Selain itu, aksesoris Smart Cover pada perangkat ini cukup menarik karena bisa membuat iPad terkunci secara otomatis dan juga bisa dilipat untuk dijadikan dudukannya. Ya, hal ini sangat dibutuhkan Dewan. Sungguh memudahkan.

Kedua, daya tahan baterai dan layar tak berubah hanya berkisar 10 jam. Begitu pula layarnya yang sama pada versi pertama, mulai dari ukuran hingga resolusi. Padahal kalau hanya untuk urusan dokumen-dokumen atau hal yang bernuansa draft, fitur ini tidak terlalu di butuhkan. Ketiga, Prosesor berbasis ARM Cortex A9. prosesor  dual core bernama AS pada iPad merupakan rancangan ARM Cortex A9. prosesor itu akan membuat proses pemuatan aplikasi menjadi lebih cepat dan tugas komputasi lain menjadi makin cepat. Memang, anggota dewan sekarang sangat membutuhkan kecepatan. Apalagi dalam hal yang berkaitan dengan anggaran. Baik itu APBD atau tunjangan.

Keempat, kemampuan grafis yang mumpuni, menurut Steve Jobs, kemampuan grafis iPad 2 sembilan kali lebih bagus dari iPad pertama. Jika benar, kemampuan ini akan memanjakan pecinta game. Nah, hal baru ini mungkin yang sangat di butuhkan dewan. Tapi wajar, selain  menunjang kinerja, mereka juga akan bermain Game dengan kualitas gambar terbaik yang di berikan iPad. Mungkin saja denga fitur ini, otak para wakil rakyat akan fresh dan setelahnya giat bekerja. Atau mungkin mereka yang menngeluti hobby baru Fotografi yang belakangan ini makin marak. Dengan gambar digital dan resolusi yang luar biasa tinggi, iPad akan mempermudah dalam pengolahan gambar dan warna yang akurat.

Kelima, sistem operasi (OS) iOS 4.3. Perangkat iPad 2 menggunakan OS terbaru Apple, iOS 4.3. Beberapa peningkatan yang ada di antaranya adalah browser safari yang lebih cepat dan iTunes Home Sharing. Keenam, terdapat HDMI Out. Meski masih butuh konektor tambahan yang harus di beli terpisah, perangkat baru ini memliki fasilitas HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkannya pada televisi. Tentu saja pemutaran video akan lebih cepat dan mudah. Tetapi, apakah benar fitur ini bisa membuka video dengan meng’klik’ link dalam e-mail masuk tanpa harus di download dalam kasus Arifinto di iPad versi sebelumnya?

Tentu kita berharap, gedget canggih bukan sebagai gaya-gayaan dan kemewahan. Hanya semata-mata untuk memudahkan kerja DPRD Kalsel di tengah kemajuan teknologi. Demikian lagi, Jumlah anggaran untuk menyediakan iPad untuk semua anggota DPRD Kalsel tidaklah sedikit. Kita akan coba mengkalkulasikan jumlah anggota DPRD kalsel ada 55 orang dikalikan dengan harga iPad seharga Rp7 juta, maka anggaran untuk iPad tersebut bisa mencapai hingga Rp385 juta. Ini jumlah yang tidak sedikit bukan? Bagaimana dengan proyek-proyek pembangunan yang terhenti pengerjaannya akibat minimnya dana? Bagaimana denga rakyat miskin yang tinggal di daerah kumuh? Lalu, apa nasibnya para siswa-siswi yang gedung sekolahanya sudah tidak layak pakai? Tentu hal ini akan sedikit mengiris hati. Tetapi jangan salah, merekapun ‘Wakil Rakyat’ juga pastilah memikirkan hal ini, walau hanya berpikir tanpa berbuat sesuatu yang lebih baik dari sekedar menambah anggaran untuk kepentingan pribadi. Mudah-mudahan saja dengan adanya iPad untuk para wakil rakyat. kita merasakan kinerja ‘GAME’ anggota DPRD yang semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s